Diberdayakan oleh Blogger.

Budidaya Ikan Hias

Budidaya Ikan Hias

Hello sob,, Bagi yang ingin menambah pengasilan dan yang ingin menjadi pengusaha yang terkenal, kali ini saya akan bagi-bagi tips untuk sobat. tipsnya adalah dengan cara memelihara ikan hias ,tapi sobat harus memiliki modal dulu sob,agar usahanya lancar, karena modal adalah modal utama dalam perkembangan usaha sobat.nah kali ini saya memposting cara membudidayakan ikan hias.Sobat bisa membacanya di  blog saya

A.Wadah Budidaya Ikan Hias
1.Jenis-jenis Wadah Budidaya Ikan Hias
            a.Kolam
            Biasanya kolam terbuat dari semen sehingga cukup tahan lama (permanen) untuk pemeliharaan Ikan Hias, Hal ini mempengaruhi kondisi Ikan jika kolam terbuat dari tembok,ikan-ikanpun terlihat lebih sehat dan bebas dari penyakit.
            b.Bak
            Bak pada umumnya yang digunakan untuk pemeliharaan Ikan Hias ialah Bak Fiber,hal ini dikarenakan oleh lahan yang sempit.Ikan Hias yang dipelihara dalam bak fiber adalah ikan yang berukuran besar maupun kecil,tetapi dalam jumlah banyak.
            c.Aquarium
            Aquarium adalah wadah ikan hias yang sering digunakan, karena bentuknya yang indah dan sering digunakan sebagai hiasan.Wadah ini dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan hias dan memanipulasi lingkungan sesuai dengan habitat aslinya.
2.Desain Wadah
            a.Desain Kolam
            Desain kolam dapat berbentuk segtiga,persegi panjang,persegi empat,bulat,trapesium dan bahkan bentuk tidak beraturan.Hal tersebut sesuai dengan kondisi lahan yang digunakan.
            b.Desain Bak
            Bak yang digunakan untuk pemeliharaan ikan hias adalah Bak Fiber yang berbentuk persegipanjang ataupun bulat.
            c.Desain Aquarium
            Aquarium yang digunka bisa berbentuk persegi tiga,persegi panjang, maupun tidak beraturan.sesuai dengan keinginan si pemilik.Wadah ini menggunakan kaca yang memiliki ketebalan antara 3mm-16mm.Penggunaan aquarium dilengkapi dengan system Aerasi,yaitu proses pengaliran udara/oksigen.
3.Persiapan Wadah Budidaya Ikan  Hias
            a.Pembersihan Wadah
            Wadah yang kita gunakan harus bersih dengan tujuan untuk menghilangkan dari jamur dan kotoran yang menempel pada wada budidaya.pembersihan tembok atau bak dapat menggunakan sikat agar kotoran yang melekat pada tembok kolam atau bak bisa terangkat sehingga wadah budidaya bersih dari kotoran.
            b.Pengeringan Wadah
            Proses pengeringan dapat dilakukan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahai.
            c.Pengisian Air
            Proses pengisian air dapat dilakukan 2-3 hari sebelum penebaran ikan.Hal ini bertujuan agar dalam wadah budidaya sudah tumbuh plankton yang bisa digunakan sebagai makanan alami.

B.Budidaya Pemeliharaan Ikan Hias
1.Jenis-Jenis Ikan Hias Air Laut
            Dari jenis ikan hias air laut terdapat 300 jenis ikan laut yang menjadi andalan ikan ekspor.Yang biasanya diseleksi berdasarkan enam criteria,yakni ukuran,jenis ikan,keseragamaan,keunikan bentuk,warna,bebas penyakit,dan daya adaptasi terhadap lingkungan baru.beberapa diantaranya sebagai berikut;
a.Yellow Tangs
            Yellow Tangs adalah jenis ikan herbifora yang berasal dari Hawaii,amerika serikat.Yellow tangs merupakan ikan yang cukup tangguh dan tidak mudah terjangkit penyakit. Ikan ini berukuran kecil ini memerlukan ruang gerak bebas dan luas karena dapat berenang puluhan kilometer setiap harinya mencari makan.
b.Clownfish
            Ikan Badut (Clownfish) merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dicari.Ikan ini hidup didaerah perairan tropis dangkal dan bersimbiosis dengan anemom dengan habitatnya.Ikan ini tergilong ikan omnivore (Ikan pemakan segalanya).
            Usaha pembesaran disarankan pada wadah aquarium yang memiliki sirkulasi air yang baik, dengan selalu melakukan control terhadap jumlah pakn, kualitas air,kebersihan air, dan kebersihan aquarium, serta pengontrolan terhadap penyakit.
c.Blue Tangs
Ikan ini Sering disebut ikan Dori adalah ikan yang indah untuk akuarium air laut.Ikan dori membutuhkan banyak banyak ruang untuk berenang.
            Dori adalah ikan karang yang mendiami kedalaman hingga 40 m.Ikan ini lebih menyukai arus deras pada daerah terumbu kearah laut.
d.Butterfly Fish
            Butterfly Fish atau ikan kupu-kupu adalah kelompok ikan laut teropis dengan warna  yang mencolok,kebanyakan ditemukan di derah terumbu karang perairan samudera Atlantik,Hindia dan Samudera Fasifik.
            Butterfly fish berukuran berkisaran anatara 12cm sampai 22 cm.Butterfly fish memiliki sirip menyambung dengan sirip ekor yang membualat.
2.Bahan Dan Teknik Budidaya Ikan Hias
a.Bahan
1.Benih
          Benih adalah anakan dari ikan dari mulai menetas sampai ukuran tertentu.Ikan yang digunakan tergantung pada jenis budidaya yang akan dilakukan.benih yang digunakan berumur 7 hari. Dan harus pemilihan yang benih sehat dan bebas penyakit yang memiliki tanda-tanda gesit dan lincah dalam berenang.
2.Pakan
          Pakan merupakan sumber energy dan nutrisi untuk pertumbuhan ikan.Pakan berupa pakan alami Dan pakan buatan.Pakan alami adalah pakan yang diambil langsung dari alam dan sedangkan pakan buatan adalah pakan yang telah diolah oleh manusia dengan megguanakan mesin atau alat-alat sederhana.
            3.Obat-Obatan
            Hal ini bertujuan untuk memberikan vitamin pada ikan agar cepat tumbuh besar dan sehat,Jenis-jenis Obat-obatan yang sering digunakan untuk ikan Methilen blue (penyakit yang disbabkan oleh jamur),Kalium permanganate (penyakit yang disebabkan jamur),Malasit green (penyakit yang disebabkan  parasit golongan protozoa).
b.Alat
1.Wadah Budidaya Ikan Hias
Wadah yang biasa digunakan berupa aquariumdalam kondisi bersih dan tidak bosor serta bebas penyakit.
2.Instansi aerasi
Selain wadah yang baik,bisa juga harus memperhatikan instansi aerasi.Biasanya agar aerasi tidak terlalu kencang,ujung selang aerasi biasanya menggunaka batu aerasi.Aerasi bisa diatur menggunakan keran aerasi.
b.Teknik Budidaya Ikan Hias
    1.Pemberian Pakan
            Induk ikan hias diberi pakan artemia bahkan cacing sutra/tubifek yang diberi selama 3 kali sehari,dengan jumlah pakan 3-5% dari berat total ikan.pakan diberikan pada pukul 07.00, 13.00, dan 17.00.
   2.Pemeliharaan
            Kegiatan pemeliharaan adalah Penyedotan kotoran. Penggantian air minimal 2 minggu sekali untuk mengurangi tumbuhnya bakteri atau penyakit pada ikan hias.
  3.Pengendalian Hama Penyakit
            Pengendalian penyakit bisa dilakukan dengan member beberapa campuran obat pembasmi penyakit pada ikan hias,serta dengan selalu memperhatikan kebersihan kolam,karena hal tersebut sangat bergantung atau mempengaruhi keadaan atau kesehatan ikan hias.



Tanks you gan semoga materi tentang pembudidayaan ikan hias ini bisa membantu kalian yaaaaaaa!!!!!!!!




                                                                                                            Karya ; MankWira
Tag : tutorial
1 Komentar untuk "Budidaya Ikan Hias"

saya juga mau budi daya ikan hias.. hehe...

Back To Top